Saturday, December 21, 2013

Amankan Data, Google & Facebook Beli Kabel Optik

CALIFORNIA - Peretasan dan penyadapan saat ini tengah menjadi momok akibat intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA), melakukannya terhadap banyak orang termasuk perusahaan raksasa teknologi. Kabar terbaru, Google dan Facebook dilaporkan telah membeli kabel serat optik sendiri untuk memanajemen trafik data miliknya sendiri.



Seperti dilansir dari Wall Street Journal, Google saat ini telah memiliki kabel serat optik sepanjang 100 ribu mil dan menyebar di seluruh dunia. Proyek ini dinamakan Google Fiber yang bakal digunakan untuk menyambungkan berbagai data Google yang terdapat pada data center Google di seluruh dunia.

Tak hanya Google, raksasa sosial media Facebook juga membeli kabel bekas untuk mentransfer data milik Facebook ke berbagai wilayah. Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, pembelian kabel serat optik tersebut dikatakan untuk mengontrol trafik data agar tak bisa disadap oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Dalam hal ini yang dimaksud adalah NSA, yang mana dilaporkan juga menyadap dan mengakses data milik perusahaan teknologi seperti Facebook, Yahoo, dan Google. Tak hanya itu, dengan kepemilikan kabel jaringan data milik sendiri tentunya kecepatan transfer Google dan Facebook bisa dioptimalkan agar lebih cepat.

Untuk diketahui, selama ini perusahaan teknologi seperti Google, Facebook, Yahoo, dan lainnya menyewa kabel pada perusahaan penyedia jasa kabel, salah satunya yang disewa Google dan Yahoo adalah Level 3. Jika menyewa kabel dari perusahaan penyedia jasa, perusahaan teknologi seperti Google, Facebook, dan Yahoo bisa saja kecolongan data seperti yang dilakukan oleh NSA terhadap Google dan Yahoo.


Sumber : OkeZone Tekno

Categories:

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © kz blog's | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑